Aneka Jenis Kucing, Tips Merawat Kucing, Kisah Kucing, Penyakit Kucing

Cara Menangani Kebiasaan Mencakar Kucing

Cara Menangani Kebiasaan Mencakar Kucing | Kebiasaan kucing selalu meninggalkan bekas cakaran adalah untuk menandai daerah kekuasaan, mempertajam kukunya dan meregangkan otot mereka. Apa jadinya jika kucing-kucing kesayangan anda merusak perabotan rumah seperti sofa, bantal, tempat tidur? Yang perlu anda lakukan adalah mengalihkan perhatian mereka.


Tips Menangani Kebiasaan Mencakar Kucing

Berikut tips untuk mengatasinya..
  1. Berikan tempat khusus mencakar untuknya dan letakkan di lokasi di mana kucing anda suka bersantai. Misalkan tempat yang tepat selalu terkena cahaya matahari dari jendela.
  2. Bereksperimen dengan beberapa model tempat mencakar untuk menemukan selera kucing anda. Tiap kucing biasanya menyukai permukaan tekstur yang berbeda. Misalkan kardus, kayu atau karpet.
  3. Memberikan perhatian lebih pada kucing anda ketika ia tidur siang. Pindahkan tempat tidurnya kedekat tempat cakaran khusus yang sudah disediakan atau menempatkan tempat cakaran kedekat kucing anda tidur agar ia terbiasa. Kebiasaan setiap kucing bangun tidur pasti mencakar ketika mereka bangun.
  4. Dekatkan tempat cakaran.
  5. Hindari menghukum kucing Anda jika ia mencakar di tempat yang tidak seharusnya. Karena hukuman tidak akan menghentikan kebiasaan mencakar kucing anda.
  6. Kucing memang paling doyan mencakari sofa. Hindari membiarkan kucing mencakar sofa lama walaupun Anda berencana untuk membuang sofa tersebut. Ini hanya akan menambah kebiasaannya mencakar sofa baru anda. Korden pun kadang juga tidak luput dari cakaran.
  7. Jika cara di atas tak berhasil juga, konsultasikan masalah ini dengan Dokter Hewan sebelum Anda menyerah. Perilaku nakal atau merusak adalah alasan utama mengapa orang malas untuk memelihara kucing.

Hal tersebut diatas bukanlah suatu kenakalan melainkan sebuah kebiasaan dan naluri kucing.


Demikianlah info kali ini mengenai "Cara Menangani Kebiasaan Mencakar Kucing". Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer