Aneka Jenis Kucing, Tips Merawat Kucing, Kisah Kucing, Penyakit Kucing

5 Keistimewaan Yang Dimiliki Kucing

”Menurut klasifikasi, kucing termasuk kelurga felis. Ada beberapa keistimewaan dari kucing yang perlu kita ketahui, yaitu sebagai berikut.” 

Salah Satu Keistimewaan yang dimiliki Kucing

  1. Kemampuan Kucing beradaptrasi di suatu daerah sangat baik. Mereka mampu bertahan hidup dalam berbagai habitat, mulai dari daerah dingin sampai daerah panas, dari daerah yang tandus hingga hutan belantara. 
  2. Binatang ini diciptakan sebagai pemburu ulung. Kucing memiliki struktur tulang yang ramping sehingga menjadikan postur tubuhnya ringan untuk bergerak. apalagi ukuran panjang serta lebar tubuhnya seimbang dan proporsional yang ditunjang otot yang kuat membuat geraknya semakin lincah dan mampu berlari kencang. 
  3. Sebagai Binatang Karnivora (Pemakan Daging). Kucing dilengkapi cakar yang kuat untuk menangkap mangsanya. cakar dan telapak kaki berguna untuk melompat, lari, dan menahan tubuhnya. Fungsi lainnya, cakar sebagai alat peraba yang sangat sensitif. struktur gigi dilengkapi taring yang kokoh untuk mengoyak mangsanya. 
  4. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia. Permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit. Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya. Sedangkan lidah kucing sendiri merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar dapat membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya. 
  5. Kucing memiliki pandangan sempurna pada malam hari. Binatang berbulu ini dapat melihat pada malam hari. Dalam gelap pupil mata kucing membesar dan membulat untuk menerima cahaya sebanyak mungkin. Hal ini menjadikan penglihatannya tajam. Disamping itu, mata kucing memiliki lapisan tambahan di belakang retinanya. Menembus retina tersebut, cahaya mencapai lapisan ini dan dipantulkan kembali ke retina. Cahaya melewati retina dua kali karena lapisan ini memantulkan cahaya kembali. Dengan demikian, tidak seperti manusia, kucing dapat melihat dengan sangat jelas di tempat temaram maupun gelap.

Demikianlah info kali ini mengenai 5 Keistimewaan Yang Dimiliki Kucing. Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer